Powered by Blogger.
RSS

SEKOLAH LOKAL, RASA INTERNASIONAL


BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Dewasa ini, mulai banyak bermunculan sekolah–sekolah lokal yang menerapkan sistem kurikulum yang hampir mirip, bahkan meniru kurikulum yang digunakan oleh sekolah bertaraf internasional yang ada di luar negeri.
Dapat kita ambil contoh , misalkan sekolah yang berada di daerah Jakarta yang mana, sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum yang hampir mirip dengan sekolah internasional di Singapura.Kurikulum di sini dengan sengaja diciptakan  sama dengan asalnya karena ada alasan yang sangat kuat yaitu, agar para orangtua yang ada di sekitar sekolah ini tidak memilih untuk memberikan pendidikan anak-anaknya di luar negeri.
Dan sebenarnya ini adalah suatu kemajuan yang dialami oleh dunia pendidikan Indonesia. Karena  akhir-akhir ini sangat mudah  kita dapat menemukan sekolah yang berstandar atau bertaraf  internasional, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Karena, ini dapat mulai kita rasakan setelah adanya era globalisasi. Dalam era ini semua negara baik yang dikategorikan maju maupun negara yang masih berkembang mulai berlomba-lomba dalam segala bidang , termasuk di dalamnya pendidikan.
Memang pendidikan di luar negeri dapat dikatakan satu atau dua langkah berada di depan Indonesia. Maka tidak heran jika sebagian dari banyak orangtua di Indonesia memilih untuk memberikan pendidikan di luar negeri,dengan harapan untuk dapat membawa pulang banyak ilmu yang diharapkan dapat berguna bagi dirinya dan keluarganya.

B, PERMASALAHAN

Melihat kondisi persaingan kerja di masa depan yang semakin ketat, banyak orang tua yang bingung ingin menyekolahkan di mana. Bahkan ada yang berpikir lebih menyekolahkan anaknya yang masih kecil di uar negeri. Semua itu dengan harapan anaknya memiliki kualitas internasional di masa depan.



BAB II
PEMBAHASAN

Menyekolahkan anak hingga ke luar negeri memang tidak salah. Semuanya tergantung kebutuhan masing-masing keluarga. Bahkan ada semacan pengharapan ketika sang anak pulang dari belajar dari luar negeri, dia membawa oleh-oleh pengetahuan dari sana untuk Indonesia. Namun, memiliki pengetahuan berskala internasional dari luar negeri bukanlah perkara yang mudah. Selain faktor biaya ketidaksiapan mental membawa anak yang asih kecil ke luar negeri pun menjadi salah satu pertimbangannya. Untung saja akhir-akhir ini beberapa institusi pendidikan menawarkan kwalitas pendidikan dengan sistem dan kurikulum di luar negeri.
Memang, saat ini banyak sekolah yang menyatakan semakin banyak berstandar kurikulum internasional.Agar tidak salah pilih, sebaiknya carilah informasi  sebanyak-banyaknya  tentang sekolah yang akan dituju. Hal ini untuk menghindari,supaya tidak mengeluarkan banyak biaya.


  1. KURIKULUM ASING
Salah satu hal menarik dari keberadaaan sekolah-sekolah “bernuansa” internasional ini adalah dari segi kurikulumnya. Beberapa sekolah memiliki kurikulum asing yang sesuai dengan negara asalnya. Sebut saja seperti PSB atau SIS dengan kurikulum Singapuranya. Ada juga sekolah yang memiliki kurikulum asing yang dikombinasikan dengan kurikulum nasional.
Semua itu dilakukan agar kualitas pendidikan dasar di Indonesia semakin berkembang. Nah,biasanya sekolah-sekolah berkurikulum asing ini melakukan kegiatan pengajaran dengan bahasa Inggris atau bilingual (Indonesia-Inggris). Jadi, anak Anda sebaiknya sudah siap dengan metode pembelajaran seperti ini.
Jika belum siap, beberapa sekolah memiliki program khusus yang dapat membantu murid-murid yang kurang fasih berbahasa Inggris. Atau anak Anda dapat diajak untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di luar sekolah.
Salah satu contoh sekolah bernuansa internasional yang berkurikulum asing adalah BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Serpong. Pada tingkat SD, sekolah ini menggunakan basisi dari silabus Singapura untuk mata pelajaran-mata pelajaran utama. Sementara di tingkat SMP/SMA, murid-murid diarahkan untuk persiapan Cambridge GCE A Level Examination.
Untuk tingkat SMA, murid-murid akan memperoleh kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan di beberapa organisasi siswa dan konseling untuk karir dalam pemilihan universitas. Selain itu, mereka juga memperoleh banyak bantuan untuk menggabungkan pelajaran dan puncaknya pada Cambridge A Level Examination.
Hal serupa pun dapat Anda jumpai di BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Simprug. Sekolah ini memiliki system International Baccalaureate (IB) World School, yang dipakai sejak tahun 2006. Sekolah ini juga bangga karena menjadi bagian dari beberapa sekolah Indonesia yang menyediakan tiga program IBO international yaitu Primary Years Programe (PYP) for Pre-school to Grade 5 students, Middle Years Programe (MYP) FOR Grade 6 to 10 students, dan Diploma Programe (DP) for Grade 11 and 12 students.

            Keuntungan IBO programs adalah melengkapi anak-anak untuk menjadi manusia pembelajar dalam waktu lama, memiliki pikiran luas internasional, dan siap memberikan kontribusi penting bagi dunia sekitarnya. Selain itu, setiap mired dikembangkan menjadi orang yang kritis (sering bertanya), pemikir, komunikator, berani mengambil resiko dan berpengetahuan, berprinsip, berpikiran terbuka, peduli, seimbang, serta mampu merefleksikan diri.

  1. KERJA SAMA DENGAN LUAR NEGERI
            Kurikulum asing memang dapat memperkaya kualitas pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, hubungan kerja sama antara Indonesia dengan luar negeri tentu tidak sebatas itu. Tak heran, jika cukup banyak juga sekolah yang menyelenggarakan kerja sama dalam bentuk lain.
            Hal ini telah dilakukan oleh BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Serpong yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah internasional ternama seperti Hwa Chong Institution (Singapore), Suzhou Foreign Language School (China), No.2 High School Attached to Beijing Normal University (China), Nanyang Primary School (Singapore), dan universitas-universitas di Australia seperti Edith Cowan University dan Curtin University.
            Kerja sama ini akhirnya menghasilkan beberapa program seperti pengembangan profesi untuk guru, pengembangan kurikulum, immersion program, program pertukaran pelajar,serta konsultasi strategis.
            Hal yang sama pun dilakukan oleh BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Simprug yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah terbaik di negara lain, seperti Hwa Chong Institution Singapore, Suzhou Foreign Language School in China, 2nd High School attached to Beijing Normal University, dan Nanyang Primary Scool in Singapore. Kerja sama dalam bentuk aplikasi program dan jaringan sebagian bagiani ntegral tujuan sekolah ini bertunjuan untuk mencapai pelaksanaan pendidikan terbaik dan meraih pertumbuhan “di luar batas”
            Mencicipi “rasa” pendidikan luar negeri, ternyata dapat dirasakan pula di dalam negeri. Semoga hal ini, dapat lebih memperkaya kualitas pendidikan di Indonesia. Semua itu dengan harapan agar bangsa ini dapat semakin maju di masa depan.
  

BAB III
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
 Mencicipi “rasa” pendidikan luar negeri, ternyata dapat dirasakan pula di dalam negeri. Semoga hal ini, dapat lebih memperkaya kualitas pendidikan di Indonesia. Semua itu dengan harapan agar bangsa ini dapat semakin maju di masa depan.

  1. KRITIK DAN SARAN
 Sebaiknya,apabila ingin menerapkan sekolah berstandar internasional, harus tersedia pula sumber daya manusia (guru atau pengajar) yang kompeten. Dan juga aspek-aspek perbendaharaan juga dibutuhkan alat-alat yang modern“multimedia”. Disini kecakapan dalam berbahasa asing juga sangat dibutuhksn guna kelancaran proses belajar mengajar. Dari pihak sekolah diharapkan mempunyai relasi sebanyak-banyaknya agar hubungan international terjaga semisal dalam pertukaran pelajar.

DAFTAR PUSTAKA

INO.2009.”Sekolah Lokal, Rasa Internasional”.Dalam Kompas, 07 September 2009.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment