BAB
I
PENDAHULUAN
Media massa merupakan sarana
penyebarluasan berita dan informasi kepada khalayak luas, baik secara local,
nasional, maupun internasional. Hal ini selaras dengan fungsi media massa
sebagai lembaga siaran yang berkepentingan dengan penyebaran informasi dan
bisnis serta upaya mempengaruhi opini public internasional (Shoelhi : 2009).
Melalui media massa yang bersifat internasional ini, penyebarluasan informasi
masuk dalam era globalisasi. Di mana dikatakan oleh Marshall McLuhan menjadi
sebuah global village, yang membuat
batas antar negara tidak jelas. Dengan memanfaatkan kemajuan di bidang
teknologi telekomunikasi yang telah berkembang dengan pesat, maka seluruh
bangsa-bangsa di dunia dapat disatukan dalam agenda globalisasi.
Media massa dan globalisasi memiliki
pengaruh maupun peran yang saling mendukung satu sama lain. Pengaruh tampaknya
dapat diistilahkan dengan sesuatu yang positif (konstruktif) maupun negative
(destruktif), sedangkan peran merupakan faktor yang saling menguntungkan
(mutualisme). Dengan adanya pengaruh yang negative, maka diperlukan gatekeeper (filter) terhadap informasi
yang diterima, khususnya dari bangsa barat. Sebab sejak decade 70-an hingga
sekarang, terjadi ketimpangan dalam arus informasi antara negara maju dengan
negara berkembang.
Dari peranan media massa dan
globalisasi, memang tak dapat dipungkiri bahwa terdapat nilai positif di antara
keduanya. Globalisasi akan mendorong masyarakat untuk terlibat secara langsung
dalam berbagai kegiatan dan forum internasional. Dengan demikian menurut
Mohammad Shoelhi, komunikasi internasional semakin dirasakan arti pentingnnya
dalam pergaulan internasional guna memajukan saling pengertian dan
menghilangkan kesenjangan dalam hubungan internasional.
BAB
II
ISI
A. Globalisasi
Menurut asal katanya, “globalisasi” diambil dari kata
global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan globalisasi
adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari
setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Dapat juga diartikan
sebagai proses di mana antar individu , antarkelompok , antar negara saling
berinteraksi ,bergantung , terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain yang
melintasi batas kota dengan penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang
menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik.
Globalisasi pada khususnya terbentuk oleh adanya
kemajuan di bidang komunikasi dunia. Adapula yang mendefinisikan globalisasi
sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.
Globalisasi terjadi karena faktor-faktor nilai budaya luar, seperti :
a. Selalu
meningkatkan pengetahuan
b. Patuh
hukum
c. Kamandirian
d. Keterbukaan
e. Rasionalisasi
f. Etos
kerja
g. Kemampuan
memprediksi
h. Efisiensi
dan produktivitas
i.
Keberanian bersaing
j.
Menajemen resiko
Globalisasi terjadi melalui
berbagai saluran, di antaranya :
a. Lembaga
pendidikan dan ilmu pengetahuan
b. Lembaga
keagamaan
c. Industri
internasional dan lembaga perdagangan
d. Wisata
mancanegara
e. Saluran
komunikasi dan telekomunikasi internasional
f. Lembaga
internasional yang mengatur peraturan internasional
g. Lambaga
kenegaraan seperti hubungan diplomatic dan konsuler
Globalisasi berpengaruh hampir
dalam semua aspek kehidupan masyarakat. Ada masyarakat yang dapat menerima
adanya globalisasi, seperti generasi muda, penduduk dengan status sosial yang
tinggi, dan masyarakat kota. Namun, ada pula masyarakat yang sulit menerima
atau bahkan menolak globalisasi seperti masyarakat di daerah terpencil,
generasi tua yang kehidupannya stagnan, dan masyarakat yang belum siap baik
fisik maupun mental.
B. Media
Massa (Mass Media)
1. Pengertian
Media massa adalah suatu
istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan
jenis-jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai
masyarakat yang luas.
2. Ciri-ciri Media Masa
a. disebarluaskan kepada khalayak luas
(publisitas).
b. Pesan atau isinya bersifat umum
(universalitas),
c. tetap atau berkala (periodisitas),
d. berkesinambungan (kontinuitas),
e. berisi hal-hal baru (aktualitas).
3. Jenis-jenis Media Masa
a. media masa
cetak (printed media). Berdasarkan formatnya terdiri dari : koran/surat kabar, tabloid,
newsletter, majalah, buletin dan buku.
b. media masa elektronik (elektronic media).
Contohnya : radio, televisi, film.
c. media on-line (cyber media). Berisikan
informasi aktual layaknya media masa cetak.
C. Faktor
Pendukung Globalisasi
Globalisasi
berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial budaya. pertahanan keamanan dan lain-lain. Yang ini semua akan
mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme terhadap bangsa. terdapat dua faktor
utama yang mempengaruhi globalisasi, yaitu :
1. Berkembang
Pesatnya Teknologi Komunikasi
Ø Setiap rumah dan kantor dilengkapi
dengan telfon, mesin fax, televisi, dan internet.
Ø Hampir setiap orang yang mampu
memiliki telfon genggam, sehingga terhubung ke seluruh pelosok dunia.
Ø Teknologi ini membuat ruang dan waktu
seakan-akan semakin sempit.
2. Adanya
Integrasi Ekonomi Dunia
Ø Kegiatan ekonomi mengarah ke
perekonomian tanpa bobot (weightless economy), yaitu perekonomian yang
produknya adalah informasi, seperti perangkat lunak komputer, produk media,
hiburan, dan jasa berbasis internet.
Ø Disebut juga perekonomian berbasis pengetahuan
(knowledge economy), yang ditandai oleh munculnya banyak konsumen yang cakap
teknologi dan mudah menguasai kemajuan-kemajuan terbaru dalam bidang
komputerisasi, hiburan, dan telekomunikasi serta mempraktekkannya dalam
kehidupan keseharian mereka.
Ø Banyak aspek ekonomi sekarang
bekerja melalui jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara.
D. Pengaruh
Globalisasi dalam Media Massa
Globalisasi media massa merupakan proses yang sangat nature terjadi. Pada titik-titik
tertentu terjadi benturan antar budaya dari Luar Negeri yang tidak dikenal oleh
bangsa Indonesia. Akibat itulah terjadi kekhawatiran yang sangat besar
dampaknya dalam kehidupan masyrakat Indonesia.
Saat ini masyarakat Indonesia sedang mengalami serbuan
yang hebat dari berbagai produk media massa berupa tabloid, majalah, buku
bacaan di media cetak, televisi, radio, dll. Misal, munculnya majalah-majalah
Amareika dan Eropa versi Indonesia, seperti : Bazaar, Cosmopolitan,
Hausekeeping, dll. Begitupula dengan peredaran VCD. Baik yang datang dari luar
negeri maupun dalam negeri sendiri.
Kebebasan pers yang muncul pada awal masa reformasi
ternyata dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk
menerbitkan produk-produk pornografi. Mereka menganggap pers mempunyai
kemerdekaan yang dijamin hak asasi warga negara yang tidak dikenakan
penyensoran dan pembredelan. Padahal dalam Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 1999
bahwa Pers berkewajiban memberitakan peristiwa dan opini dengan menghormati
norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat (pasal 5 ayat 1).
Melalui media
yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi
tentang peradaban baru dari seluruh penjuru dunia. Terutama masalah pornografi.
Contohnya, saat ini wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend mode dari Negara Amerika dan Eropa
yang dalam berbusana cenderung minim. Sedangkan masyarakat Indonesia pada
umumnya menganut ajaran agama islam yang memiliki aturan dalam hal berpakaian.
E. Pengaruh
Media Massa dalam Globalisasi
F. Peran
Globalisasi
G. Peran
Media Massa di Era Globalisasi
Media
massa memiliki peran penting di era yang serba
modern. Salah
satu peran penting media adalah sebagai penentu identitas suatu bangsa.
Perkembangan yang
terjadi dalam dunia media massa saat ini seperti perkembangan teknologi dunia
elektronik, penggunaan internet secara luas
dan penggunaan telepon seluler, yang secara tidak langsung memfasilitasi proses globalisasi dalam dunia
jurnalistik. dengan adanya internet, atau penggunaan
telepon genggam yang juga memiliki fasilitas internet, segala sesuatu dari
dunia luar begitu mudah masuk ke Indonesia.
Oleh
karena itu, dengan sisi positif dengan adanya globalisasi, media massa dapat
berperan dalam mencerdaskan masyarakat. hal inilah yang menjadi agenda terbesar
media massa. Selanjutnya, media massa dapat menjadi penggerak aktivitas sosial
masyarakat. Sebagai instrumen
pemberi warta tentunya sebuah koran, misalnya, memiliki sebuah kekuatan
persuasif tersendiri untuk mengajak masyarakat melakukan sesuatu. Peran
propaganda sebuah media massa sangatlah kuat. Daya pengaruh ini mampu
memobilisasi masyarakat untuk membantu penderitaan korban bencana, misalnya.
Atau juga pembentukan posko keprihatinan. Saat ini beberapa media—baik cetak,
radio maupun televisi—telah membuka berbagai posko maupun pundi amal. Langkah
ini hendaknya diperluas dalam berbagai segmen aktivitas: sosial, budaya,
ekonomi, politik.
Peran yang lainnya yaitu, dapat menjadi sarana empowering (pemberdayaan). Posisi media
massa hendaknya selalu berpihak kepada masyarakat. Opini yang diciptakan sesuai
dengan nurani masyarakat. Sekaligus, dalam kondisi tertentu harus siap
berhadapan dengan kebijakan penguasa. Peran media massa cukup signifikan untuk
mempengaruhi kebijakan eksekutif, merubahnya menuju tuntutan masyarakat. Namun,
berdiri diametral bukan berarti membenci atau memusuhi. Landasan nurani dan
persaudaraan tentunya bisa menghiasi kritik membangun yang disodorkan oleh
sebuah media. Dalam hal ini, kepekaan pejabat sangat diharapkan. Kontrol media
dan kepekaan penguasa menjadi sinergi yang indah.
Dan yang terakhir menurut
Purwasito(2002), media massa dapat berperan mentransfer kebudayaan dan
mengembangkan nilai maupun norma berdasarkan
visi-misi dan latar belakang usahanya.
DAFTAR PUSTAKA
Shoelhi,
Muhammad. 2009. Komunikasi Internasional : Perspektif Jurnalistik. Bandung :
Simbiosa Rekatama Media.
Jurnal
Drs. Hadiono Afdjani, MM : Dampak Globalisasi Media Terhadap Masyarakat dan
Budaya Indonesia.
5 comments:
Adana
Erzurum
Sinop
istanbul
Düzce
J5LJV
Antep Lojistik
Yalova Lojistik
Erzincan Lojistik
Tekirdağ Lojistik
Elazığ Lojistik
76C
1FE1E
uşak yabancı görüntülü sohbet uygulamaları
yabancı görüntülü sohbet siteleri
çanakkale en iyi ücretsiz sohbet uygulamaları
Ordu Sesli Sohbet Sitesi
adıyaman görüntülü sohbet siteleri ücretsiz
kırşehir random görüntülü sohbet
kocaeli telefonda rastgele sohbet
uşak mobil sohbet chat
samsun sohbet muhabbet
B512A
Muş İftar Saatleri
Artvin İftar Saatleri
Afyonkarahisar İftar Saatleri
Kars İftar Saatleri
Amasya İftar Saatleri
Antalya İftar Saatleri
Diyarbakır İftar Saatleri
İzmir İftar Saatleri
Adıyaman İftar Saatleri
B1A10
Pehlivanköy
Gündoğmuş
Damal
Çamlıhemşin
Güdül
Tepebaşı
Aziziye
Felahiye
Halkapınar
Post a Comment