Powered by Blogger.
RSS

KOMUNIKASI KELOMPOK KECIL


       Di dalam organissi juga sering di temui adanya komunikasi dalam kelompok-kelompok kecil,seperti dalam rapat-rapat,konferensi dan komunikasi dalam kelompok kerja.Menurut Tillman kelompok adalah bagian integral dari semua organisasi rata-rata anggota pimpinan tingkat menengah dan atas menghabiskan seperempat atau sepertiga dari waktu kerja mereka sehari-hari untuk berdiskusi
1.Pengertian Komunikasi Kelompok Kecil
          Menurut shaw kelompok kecil adalah suatu kumpulan individu yang dapat mempengaruhi satu sama lain ,memperoleh beberapa kepuasan satu sama lain ,berinteraksi untuk beberapa tujuan ,mengambil peranan terikat satu sama lain dan berkomunikasi tatap muka.
2.Tujuan Komunikasi Kelompok Kecil
     Tujuan ini di bagi menjadi dua kategori yaitu untuk tujuan personal dan tujuan yang berhubungan dengan tugas.
     a.Tujuan personal
            Alasan orang untuk mengikuti kelompok dapat di bedakan empat kategori utama yaitu untuk hubungan sosial,penyaluran,kelompok terapi dan belajar.
     b.Tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan
             Komunikasi kelompok kecil sering di gunakan untuk menyelesaikan dua tugas umum yaitu pembuatan keputusan dan pemecahan masalah.
3.Kelompok kecil sebagai satu system
    Masukan. Merupakan materi mentah dalam kelompok kecil seperti orang informasi yang di gunakan kelompok untuk berinteraksi orang atau anggota kelompok adalah masukan karena tiap orang dalam kelompok membawa kualitas tertentu seperti kepribadian ,umum.kesehatan.pengetahuan,sikap,nilai,dan kemampuan memecahkan masalah.seperti kita ketahui system bersifat terbuka atau tertutup tergantung pada tingkat komunikasi dengan lingkunganya.
4.Karakteristik Kelompok Kecil
 =>   Karakteristik yang pertama adalah mempermudah pertemuan ramah tanah.bukti menunjukan bahwa bila orang datang bersama-sama mereka cenderung untuk berlomba.perlomban itu mempunyai tipe ,tidak ada yang menang atau yang kalah tetapi mempunyai konotasi yang sama.
 =>  Karakteristik yang ke dua adalah personality kelompok.bila sekelompok orang datang bersama mereka membentuk identitas mereka sendiri yang menjadikan personaliti kelompok.
 =>  Karakteristik yang ke tiga adalah kekompakan yaitu daya tarikan anggota kelompok
satu sama lain dan keinginan mereka untuk bersatu.
 => Karakteristik yang ke empat adalah komitmen terhadap tugas.aktivitas individu lainnya dalam kelompok yand dekat hubunganya dengan komitmen adalah motivsi.
=>  Karakteristik yang ke lima adalah besarnya kelompok.
=> Karakteristik yang ke enam adalah norma kelompok.norma kelompok adalah aturan dan pedoman yang di gunakan oleh kelompok itu sendiri maupun beberapa faktor eksternal di luar kelompok.
 => Karakteristik yang terahkir adalah saling tergantung satu sama lain.karakteristik yang paling penting adalah anggota kelompok tergantung satu sama lain.untuk beberapa tingkatan tertentu.
5.Variabel Kunci Kelompok Kecil
       Ada beberapa faktor yang mempengaruhi komunikasi kelompok kecil di antaranya adalah variabel yang berhubungan dengan input kelompok dan  proes transformasi kelompok.beberapa di antara faktor kunci tersebut akan di bicarakan pada bagian berikut ini.
          A.peranan berdasarkan fungsi
Para peneliti kelompok tang dinamis mengidentifikasikan dua peranan utama dari anggota kelompok yaiyu peranan tugas dan peranan untuk pemeliharaan.
Brune dan Sheats merinci tugas dalam komunikasi kelompk yang berkenaan dengan tugas-tugas dan pemeliharaan.
·         TINGKAH LAKU TUGAS
a.Mengambil inisiatif seperti menentukan apakah masalah yang akan di bahas menentukan aturan dalam komunikasi kelompok dan mengembangkan ide.
b.Memberikan dan mencarikan informasi misalnya bertanya atau memberikan pendapat
c.Mencari dan memberikan pendapat seperti bertanya dan memberikan pendapat
d.Mengelaborasi dan menjelaskan seperti memberikan informasi tambahan tentang saran dan ide tertentu.
e.Orientasi dan ringkasan seperti meninjau kembali pokok-pokok penting dalam usaha memberikan pengarahan atau bimbingan dalam diskusi
f.Mentes konsesus misalnya mencek apakah kelompok sudah siap untuk membuat keputusan
·         TINGKAH LAKU PEMELIHARAAN
a.Mengharmoniskan kelompok seperti menyelesaikan perbedaan dan mengurangi ketegangan komunikasi kelomopok, kadang-kadang dengan membuat humor.
b.Mencari jalan tengah,seperti menawarkan jalan tengah pada isu atau perubahanposisi
c.Memberikan sokongan  .dan semangat seperi menghargai ,setuju,menerima  kontribusi yang lain.
d.Menjaga lalu lintas komunikasi seperti ,mempermudah interaksi di antara anggota.
e.Menentukan sandar dan tes seperti pengecekan kemajuan kelompok,perasaan orang,norma kelompok,kesukaran jalannya komunikasi kelompok.

B.Kepemimpinan
        Kita biasa percaya bahwa pemimpin yang baik mempunyai sifat-sifat tertentu seperti bertanggung jawab,mempunyai kemampuan yang lebih,mempunyai status yang tinggi,jujur dan percaya pada diri sendiri.

C.Jaringan dan ekologi kelompok
    Jaringan kelompok menentukan jalan yang terbuka bagi arus .ada bermacam-macam arus pesan seperti lingkaran,garis,binang dan y.hasil penelitian Bavelas menunjukan bahwa pola y sedkit salah dan cepat menyelesaikan masalah.pola lingkaran pasti tinggi moralnya dan pola y paling rendah.orang yang berada pada pusat jaringan mempunyai moral yang timggi.
   Berdasarkan preposisi smith ii kelihatan bahwa suatu organsasi seharusnya menggunakan jaringan komunikasi sentralisasi bila masalah yang akan di selesaikan sederhana dan bila mencari seorang pemimpin.tetapi bila masalahnya kompleks organissi haruslah menggunakan jaringan desentralisasi dan juga bila mengiginkan fleksibilitas da moral yang tinggi.

D.Pemecahan Masalah dan Pembuatan Keputusan
     Dalam keadaan tertentu kelompok lebih baik melakukan tugas dari pada individu ,seperti tugas-tugas yang mempunyai pembagian kerja dan membawa hasil bersama.
    Menurut Maier (1967) komunikasi kelompok kecil ini mempunyai kekuaan dan kelemahan tertentu.kekuatanya dalah sebagai berikut:
1)      lebih besar pengetahuaan dan   informasi yang di peroleh.kelompok lebih banyak mengetahui dari pada individu                             
2)      jumlah pendekatan lebih banyak terhadap masalah yang di pecahkan
3)      partisipasi dalam penyelesaiian masalah menambah penerimaan masalah
4)      pemahaman yang lebih baik terhadap keputusan kelompok pembuat keputusan tidak lah perlu menyiarkan keputusan yang di buat,karena mereka yang membuat bersama
Sedangkan kelemahan dari komunikasi kecil adalah sebagai berikut:
            1) Tekanan sosial
            2) Valensi penyelesaian
            3) Dominasi individual
            4)Konflik dari tujuankedua yaitu memenangkan argument. 
Langkah-langkah dalam pemecahan masalah menurut Richard Walen sebagai berikut:
A.    ,Mengindentifikasi dan menganalisis masalah
B.     Mengemukakan kemungkinan-kemungkinan penyelesaia.
C.     Menganalisis untung rugi
D.    Mengambilkeputusan
           




 .
    

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS