Powered by Blogger.
RSS

Perdagangan Bebas China-ASEAN Tidak Menggangu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Perdagangan bebas China-ASEAN tidaklah menganggu pertumbuhan ekonomi Indonesia 2010. Karena secara keseluruhan CAFTA ini tidak terlalu menganggu, pengaruh CAFTA menghapus pajak masuk barang dari China dan ASEAN pengaruhnya sangat kecil karena Indonesia sendiri sudah mulai menurunkan pajak masuk barang terkecuali untuk gula dan beras.
          Apalagi sebelum Indonesia memutuskan kebijakan pajak masuk menjadi 0% bagi China, pemerintah Indonesia telah melakukan negosiasi tukar-menukar keuntungan.China 0% untuk cabe yang masuk Indonesia dan 0% kakao yang masuk ke China. Jadi mau tidak mau CAFTA tidak dapat dihindari, namun diharapkan perdaganganteersebut dilakukan secara transparan.

          Tujuan :
1.     Meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia melalui penghapusan bead an halangan non-bea dalam ASEAN.
2.     Menarik investasi langsung  ke ASEAN

Kosep Adam Smith dalam Perdagangan Bebas
Dalam karyanya yang berjudul “ The Wealth Nation” Smith menggambarkan sejarah perkembangan industry dan perdagangan di Eropa dan juga dasr-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Dan dalam konsep dasar yang ada dalam bukunya, perdagangan bebas akan bertujuan menguntungkan semua masyarakat dengan menekan harga rendahdimana tetap membangun dalam insentif untuk bermacam barang dan jasa.
Konsep awal yang diciptakan oleh Smith kemudian disempurnakan oleh David Ricardo.
 Dia berpendapat bahwa alas an yang pa;ing mendasr suatu negara melakukan perdagangan internasional menujju pasar bebas adalah perbedaan keunggulan komparatif anatr negara dalam menghasilkan komoditas tertentu.Suatu negara akan melakukan ekspor komoditas yang dihasilkan lebih murah, dan melakukan impor komoditas yang lebih mahal dalam penggunaan sumber daya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment