Powered by Blogger.
RSS

Karakteristik manusia Komunikan


Pemeran utama dalam proses komunikasi adalah manusia. Sebagai psikolog, memandang komunikasi justru pada perilaku manusia komunikan. Tugas ahli linguistiklah untuk membahas komponen-komponen yang membentuk struktur pesan. Tugas ahli tekniklah untuk menganalisa berapa banyak “Noise” terjadi di jalan sebelum pesan sampai pada komunikate, dan berapa banyak pesan yang hilang.

             Psikolog mulai masuk ketika membicarakan bagaimana manusia memproses pesan yang diterimanya, bagaimana cara berpikir dan cara melihat manusia dipengaruhi oleh lambang-lambang yang dimiliki. Fokus psikologi komunikasi adalah manusia komunikan. Karena itu, penting lebih dahulu kita mengenal diri kita, mencoba menjawab: Makhluk apa kita ini? Faktor-faktor apa yang mengendalikan kita ini?

            Dalam hal ini, kita akan membicarakan konsep psikologi tentang manusia—Suatu landasan teoretis untuk studi-studi psikologi komunikasi selanjutnya. Segera setelah itu, bab ini akan membicarakan faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhi perilaku manusia.

catatan: artikel ini disarikan dari buku “psikologi komunikasi”  karangan Jalaludin Rakhmat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment