Di dalam organissi juga sering di temui
adanya komunikasi dalam kelompok-kelompok kecil,seperti dalam
rapat-rapat,konferensi dan komunikasi dalam kelompok kerja.Menurut Tillman
kelompok adalah bagian integral dari semua organisasi rata-rata anggota
pimpinan tingkat menengah dan atas menghabiskan seperempat atau sepertiga dari
waktu kerja mereka sehari-hari untuk berdiskusi
1.Pengertian
Komunikasi Kelompok Kecil
Menurut shaw kelompok kecil adalah
suatu kumpulan individu yang dapat mempengaruhi satu sama lain ,memperoleh
beberapa kepuasan satu sama lain ,berinteraksi untuk beberapa tujuan ,mengambil
peranan terikat satu sama lain dan berkomunikasi tatap muka.
2.Tujuan
Komunikasi Kelompok Kecil
Tujuan ini di bagi menjadi dua kategori
yaitu untuk tujuan personal dan tujuan yang berhubungan dengan tugas.
a.Tujuan personal
Alasan orang untuk mengikuti
kelompok dapat di bedakan empat kategori utama yaitu untuk hubungan
sosial,penyaluran,kelompok terapi dan belajar.
b.Tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan
Komunikasi kelompok kecil sering
di gunakan untuk menyelesaikan dua tugas umum yaitu pembuatan keputusan dan
pemecahan masalah.
3.Kelompok kecil
sebagai satu system
Masukan. Merupakan materi mentah dalam
kelompok kecil seperti orang informasi yang di gunakan kelompok untuk
berinteraksi orang atau anggota kelompok adalah masukan karena tiap orang dalam
kelompok membawa kualitas tertentu seperti kepribadian ,umum.kesehatan.pengetahuan,sikap,nilai,dan
kemampuan memecahkan masalah.seperti kita ketahui system bersifat terbuka atau
tertutup tergantung pada tingkat komunikasi dengan lingkunganya.
4.Karakteristik Kelompok
Kecil
=>
Karakteristik yang pertama adalah mempermudah pertemuan ramah
tanah.bukti menunjukan bahwa bila orang datang bersama-sama mereka cenderung
untuk berlomba.perlomban itu mempunyai tipe ,tidak ada yang menang atau yang
kalah tetapi mempunyai konotasi yang sama.
=>
Karakteristik yang ke dua adalah personality kelompok.bila sekelompok
orang datang bersama mereka membentuk identitas mereka sendiri yang menjadikan
personaliti kelompok.
=>
Karakteristik yang ke tiga adalah kekompakan yaitu daya tarikan anggota
kelompok
satu sama lain
dan keinginan mereka untuk bersatu.
=> Karakteristik yang ke empat adalah
komitmen terhadap tugas.aktivitas individu lainnya dalam kelompok yand dekat
hubunganya dengan komitmen adalah motivsi.
=> Karakteristik yang ke lima adalah besarnya
kelompok.
=> Karakteristik
yang ke enam adalah norma kelompok.norma kelompok adalah aturan dan pedoman
yang di gunakan oleh kelompok itu sendiri maupun beberapa faktor eksternal di
luar kelompok.
=> Karakteristik yang terahkir adalah
saling tergantung satu sama lain.karakteristik yang paling penting adalah
anggota kelompok tergantung satu sama lain.untuk beberapa tingkatan tertentu.
5.Variabel Kunci
Kelompok Kecil
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
komunikasi kelompok kecil di antaranya adalah variabel yang berhubungan dengan
input kelompok dan proes transformasi
kelompok.beberapa di antara faktor kunci tersebut akan di bicarakan pada bagian
berikut ini.
A.peranan berdasarkan fungsi
Para peneliti
kelompok tang dinamis mengidentifikasikan dua peranan utama dari anggota kelompok
yaiyu peranan tugas dan peranan untuk pemeliharaan.
Brune dan Sheats
merinci tugas dalam komunikasi kelompk yang berkenaan dengan tugas-tugas dan
pemeliharaan.
·
TINGKAH
LAKU TUGAS
a.Mengambil inisiatif seperti
menentukan apakah masalah yang akan di bahas menentukan aturan dalam komunikasi
kelompok dan mengembangkan ide.
b.Memberikan dan mencarikan
informasi misalnya bertanya atau memberikan pendapat
c.Mencari dan memberikan
pendapat seperti bertanya dan memberikan pendapat
d.Mengelaborasi dan menjelaskan
seperti memberikan informasi tambahan tentang saran dan ide tertentu.
e.Orientasi dan ringkasan
seperti meninjau kembali pokok-pokok penting dalam usaha memberikan pengarahan
atau bimbingan dalam diskusi
f.Mentes konsesus misalnya
mencek apakah kelompok sudah siap untuk membuat keputusan
·
TINGKAH
LAKU PEMELIHARAAN
a.Mengharmoniskan kelompok
seperti menyelesaikan perbedaan dan mengurangi ketegangan komunikasi kelomopok,
kadang-kadang dengan membuat humor.
b.Mencari jalan
tengah,seperti menawarkan jalan tengah pada isu atau perubahanposisi
c.Memberikan sokongan .dan semangat seperi menghargai
,setuju,menerima kontribusi yang lain.
d.Menjaga lalu lintas
komunikasi seperti ,mempermudah interaksi di antara anggota.
e.Menentukan sandar dan tes
seperti pengecekan kemajuan kelompok,perasaan orang,norma kelompok,kesukaran
jalannya komunikasi kelompok.
B.Kepemimpinan
Kita biasa percaya bahwa pemimpin yang
baik mempunyai sifat-sifat tertentu seperti bertanggung jawab,mempunyai
kemampuan yang lebih,mempunyai status yang tinggi,jujur dan percaya pada diri
sendiri.
C.Jaringan dan ekologi
kelompok
Jaringan kelompok menentukan jalan yang
terbuka bagi arus .ada bermacam-macam arus pesan seperti lingkaran,garis,binang
dan y.hasil penelitian Bavelas menunjukan bahwa pola y sedkit salah dan cepat
menyelesaikan masalah.pola lingkaran pasti tinggi moralnya dan pola y paling
rendah.orang yang berada pada pusat jaringan mempunyai moral yang timggi.
Berdasarkan preposisi smith ii kelihatan
bahwa suatu organsasi seharusnya menggunakan jaringan komunikasi sentralisasi
bila masalah yang akan di selesaikan sederhana dan bila mencari seorang
pemimpin.tetapi bila masalahnya kompleks organissi haruslah menggunakan
jaringan desentralisasi dan juga bila mengiginkan fleksibilitas da moral yang
tinggi.
D.Pemecahan Masalah dan
Pembuatan Keputusan
Dalam keadaan tertentu kelompok lebih baik
melakukan tugas dari pada individu ,seperti tugas-tugas yang mempunyai
pembagian kerja dan membawa hasil bersama.
Menurut Maier (1967) komunikasi kelompok kecil
ini mempunyai kekuaan dan kelemahan tertentu.kekuatanya dalah sebagai berikut:
1)
lebih
besar pengetahuaan dan informasi yang
di peroleh.kelompok lebih banyak mengetahui dari pada individu
2)
jumlah
pendekatan lebih banyak terhadap masalah yang di pecahkan
3)
partisipasi
dalam penyelesaiian masalah menambah penerimaan masalah
4)
pemahaman
yang lebih baik terhadap keputusan kelompok pembuat keputusan tidak lah perlu
menyiarkan keputusan yang di buat,karena mereka yang membuat bersama
Sedangkan kelemahan dari komunikasi kecil adalah sebagai berikut:
1) Tekanan sosial
2) Valensi
penyelesaian
3) Dominasi individual
4)Konflik dari
tujuankedua yaitu memenangkan argument.
Langkah-langkah dalam pemecahan masalah menurut Richard Walen sebagai
berikut:
A.
,Mengindentifikasi
dan menganalisis masalah
B.
Mengemukakan
kemungkinan-kemungkinan penyelesaia.
C.
Menganalisis
untung rugi
D.
Mengambilkeputusan
.
6 comments:
terima kasih..
mampir mas… pembahasan seputar Komunikasi, Rethorika, Ceramah Agama (Muslim), Artikel, Etc
semoga bermanfaat bagi yang lain. :)
Minta sumber lengkapnya ya,,
Terimakasih.. sangat bermanfaat ^^
yurtdışı kargo
resimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
12FV0T
sakarya
elazığ
sinop
siirt
van
HXUFJ
400F4
chat sohbet
agri görüntülü sohbet yabancı
Izmir Canlı Görüntülü Sohbet Uygulamaları
Rize Mobil Sohbet Chat
çorum bedava sohbet siteleri
rastgele görüntülü sohbet ücretsiz
ücretsiz sohbet uygulamaları
görüntülü sohbet canlı
nevşehir sesli görüntülü sohbet
Post a Comment