Dalam hal ini corporate public
relation officer perlu memanfaatkan media massa untuk memberikan performansi
organisasi dari berbagai dimensi. Charles Prout dalam bukunya Organizations and
Function of the Corporate Public Relation Department mengungkapkan cara yang
bisa ditempuh dalam memanfaatkan media massa:
- Periklanan (advertising)
Ini merupakan cara yang paling
umum dan sering digunakan oleh organisasi pemerintah maupun swasta, dalam
rangka mengejar publisitas sekaligus meraih profit. Periklanan dianggap cukup
efektif dalam menyampaikan informasi. Tetapi komunikasi dalam periklanan
bersifat pasif. Karena audiens tidak bisa langsung merespon komunikasi yang
disampaikan lewat iklan. Tetapi keuntungannya, iklan bisa digunakan dalam
jangka waktu relatif panjang dan bisa memberi pengaruh dalam waktu cukup lama.
- Siaran Pers (Press Release)
Aktivitas siaran pers selalu
berhubungan dengan media massa, baik media massa cetak, elektronik ataupun
cyber media. Bentuk dari press release ini berupa news story, playing story,
maupun entertainment press yang dimuat dalam media untuk disiarkan kepada
pemirsa ataupun publik.
- Wisata Pers (Press Tour)
Mengajak insan pers bersama-sama
melakukan perjalanan wisata sambil menyampaikan informasi-informasi penting
tentang perusahaan, cukup efektif memancing kegairahan insan pers dalam
menyampaikan informasi kepada publik. So, nggak ada salahnya sesekali melakukan
wisata pers. Asal situasi, kondisi dan dananya memungkinkan, cara ini bisa
dipilih untuk menyebarkan informasi seputar organisasi perusahaan.
- Jumpa Pers (Press Conference)
Cara yang satu ini paling efektif
untuk menyampaikan berita-berita dan kegiatan perusahaan kepada insan pers.
Karena, insan pers dalam hal ini para wartawan, bisa langsung bertanya dan
memberi pendapat kepada pihak organisasi sekiranya diperlukan. Cara ini juga
cukup efektif untuk membina persahabatan antara organisasi dan insan pers. Tapi
dalam mengundang wartawan, perlu bersikap selektif. Undanglah wartawan dari
media yang bercitra baik. Sehingga nggak akan muncul 'wartawan tanpa media'
yang sekedar datang tapi tidak pernah menulis berita.
Perlu Anda catat, peran media
massa bagi organisasi perusahaan dianggap sebagai penyambung lidah dalam
menyampaikan berita tentang aktivitas perusahaan agar mendapat pengakuan dari
publik. Hubungan dengan media massa mempunyai batasan yang lebih operasional
dalam menentukan sasaran perusahaan kepada publiknya. Bagi Anda coorporate
pi-ar, manfaatkan media massa sebaik-baiknya.(dari berbagai sumber)
0 comments:
Post a Comment