Dunia dakwah mengalami tantangan
yang semakin berat terutama sejak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
serta semakin kompleksnya masalah kemasyarakatan yang dihadapi oleh manusia.
Disisi lain, perkembangan media komunikasi yang semakin modern tampaknya akan
sangat membantu aktivitas dakwah Islam. Peluang dakwah Islam akan semakin
terbuka lebar ketika para da’i (juru dakwah) mampu memanfaatkan media massa
dengan meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari media
yang ada. Diperlukan sebuah strategi baru oleh para da’i, terutama dalam metode
serta pemanfaatan media massa dan teknologi komunikasi dalam aktivitas dakwah
tersebut.
Dalam proses komunikasi, pesan
dakwah harus dikemas secara menarik sebab media adalah pesan. Maksudnya adalah
kemasan atau media lebih penting dari pada isi pesan yang akan disampaikan. Hal
ini tentu berlaku pula dalam aktivitas dakwah yang juga merupakan bagian dari
proses komunikasi. Media yang digunakan da’i (juru dakwah) akan sangat
berpengaruh terhadap proses penyampaian pesan dakwah kepada mad’u (objek
dakwah). Apabila media yang digunakan tepat, pesan dakwah pun akan mudah
diterima oleh mad’u sehingga tujuan dakwah dapat tercapai.
Dewasa ini, ketika masyarakat
semakin pandai dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi, seharusnya
para da’i (juru dakwah) lebih pandai dalam memanfaatkan media yang ada. Media
massa baik cetak maupun elektronik menjadi sarana yang dinilai efektif dalam
penyampaian pesan dakwah. Sifat pesan dari media massa terutama media – media
modern seperti internet adalah lebih luas serta tidak dibatasi oleh ruang dan
waktu. Sehingga para mad’u dapat dengan mudah memperoleh materi – materi dakwah
kapan saja.
Perkembangan media komunikasi
pada dasawarsa terakhir menunjukkan perubahan cukup mendasar. Banyak media yang
dapat dijadikan alternatif untuk menyampaikan pesan secara massif ( dengan
target penerima yang besar ) dan dalam waktu yang relatif cepat.
Pemanfaatan media massa dalam
aktivitas dakwah Islam juga merupakan salah satu cara efektif dalam mengimbangi
dan meminimalisir dampak negatif yang ada dalam media tersebut. Jadi, para da’i
(juru dakwah) harus tanggap dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi
sehingga mampu memanfaatkan media yang ada terutama media massa modern dalam
menyebarkan Islam.
0 comments:
Post a Comment