Definisi Investor Relation
National Investor Relations institute ( NIRI )
menyebutkan definisi investor relations , yaitu “ kegiatan pemasaran korporat
yang menggabungkan disiplin komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambaran
yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan
calon investor “. Aktivitas IR ini bila dapat berjalan secara efektif akan
dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan secara
keseluruhan , serta terhadap biaya modal perusahaan secara keseluruhan pula .
Proses pemasaran saham perusahaan
meliputi identivikasi para pihak yang menjadi target ( investor instusi ,
perorangan dan karyawan serta andisis ) yang mungkin tertarik untuk melakukan
investasi atau menganalisa saham perusahaan dengan menyajikan informasi
historis dan prospektif mengenai perusahaan sehingga pihak-pihak tersebut dapat
mengambil keputusan atau member rekomendasi untuk mengambil keputusan investasi
berdasarkan informasi yang diperoleh .
Selanjutnya menurut NIRI ,
pemasran dan konteks ini tidak berarti “ selling “ atau menjual saham kepada
investor . tetapi lebih merupakan suatu proses identifikasi masyarakat yang
menjadi sasaran , serta memberikan edukasi kepada mereka tentang nilai saham
perusahaan saat ini dan potensi nilainya dimasa yang akan datang .
Investor Relations juga merupakan
kegiatan memenuhi kebutuhan organisasi terhadap maslah ekonomi . tepatnya agar
pemegang saham mendapatkan informasi terkini tentang kebijakan ekonomi nasional
yang mempengaruhi perusahaan . adapun kegiatan – kegiatan investor relations :
Mengembangkan publikasi /program
komunikasi untuk investor : Kliping berita ( media monitoring ), Bulletin
investor , Annual report , Website content.
Menangani even : Proses briefing , IPO ,
Public expose
Membina hubungan baik dengan media khusus
financial
Melakukan survey persepsi .
A. Fungsi dari Investor Relations
1. Pengaturan presentasi dalam rapat – rapat
manjamen perusahaan dengan para analis efek dan manajer investasi dalam
perusahaan yang sudah go public . membantu penentuan target investor secara
efektif dan menyelanggarakan pertemuan , baik satu persatu secara dengan
beberapa investor institusi.
2. Memberikan nasihat dalam penyusunan
strategi , kebijakan dan program investor relations yang sehat dan consistent .
memberikan sran mengenai program komunikasi yang redibel untuk keperluan
masyarakat investor domestic maupun asing .
3. Menyusun dan melaksanakan program
komunikasi kritis guna mengantisipasi dan ataupun tindakan hokum pihak yang
berwenang .
4. Member petunjuk kepada tim manajemen
tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pengungkapan informasi material
yang harus disampaikan kepada public , masalah hangat dan praktisi tentang
pelaporan keuangan .
5. Menyusun dasar- dasar dan program
komunikasi keuangan yang terpadu , berkualitas tinggi biaya yang efektif dan
mengena terhadap sasaran yang diharapkan .
6. Melatih diri dan memberikan masukan
kepada direksi ataupun pejabat investor relations agar menjadi pembicara yang
efektif dan konsisten , baik dalam koorperasi dengan para investor , analis ,
find manager , wartawan dan pihak – phak lainnya .
7. Menyusun program investor relations yang
proaktif dengan penempatan yang terpadu pada media yang sesuai dan efektif baik
nasional maupun internasional , guna menyediakan dan menyampaikan berbagai
informasi perusahaan yang penting untuk menumbuhkan kesadaran para
investor tentang perusahaan .
8. Mengembangkan pesan – pesan dalam
investor relations yang akan secara proaktif mempengaruhi visi strategi
manajemen , kinerja keuangan dan operasional serta keahlian bisnis yang
dimiliki perusahaan .
9. Membantu manajemen dalam mengembangkan
pendekatan – pendekatan strategis y6ang efektif yang berhubungan dengan pasar
modal untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan menurunkan biaya modal
perusahaan .
10. Mengidentifikasi analisis sisi jual dan sisi
beli serta manajer investasi dan kepentingan sesuai dengan karakteristik
perusahaan . menetapkan forum-forum investor individu yang paling cocok dan
efisien . memebantu manajemen dengan menentukan bauran pemegang saham yang
ideal untuk mendukung tujuan – tujuan investasi perusahaan .
Keperpustakaan :
1.
Bill cantor , expert in action : inside Public Relations ; Longman , New
York ( 1989 )
2. Cutlip ,scoot M, Allen H and Glen M brom,
Efective Public Relations , 7 th ed : Prentice Hall , New Jersey ( 1994 )
3. Hardiman Ima , 400 Istilah Public
Relations media dan Perikalanan : PT buku kita , Jakarta
0 comments:
Post a Comment