Powered by Blogger.
RSS

Kebudayaan



Kebudayaan menurut Parsudi Suparlan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya.
Dengan demikian kebudayaan adalah suatu satuan ide yang ada dalam kepala manusia. Sebagai suatu satuan ide yang menjadi pedoman bagi tingkah lakunya, kebudayaan terdiri atas serangkaian nilai-nilai, norma-norma, dan model-model pengetahuan, baik dengan secara sadar maupun tidak, baik secara rasionil maupun secara intuitif dan penuh perasaan, telah digunakan secara selektif oleh yang bersangkutan untuk memahami dan menjadi pedoman tingkah lakunya dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya.
Contoh kebudayaan:
ü  Tradisi mendoakan orang yang meninggal yang biasa kita kenal dengan tujuh hari, empat puluh hari, seratus hari sampai pada seribu hari yang sebenarnya diajaran islam tidak ada namun tradisi yang sering diistilahkan dengan islam kejawen ini sudah menjadi tingkah laku masyarakat jawa.
ü  Budaya mudik menjelang hari raya lebaran. Di Indonesia mudik sudah menjadi suatu budaya tahunan. Pada saat hari raya Idul Fitri masyarakat merasa kurang lengkap jika merayakannya tidak di kampung halamannya bersama sanak saudara.
ü  Budaya nyadran yang dilaksanakan pada bulan ruwah. Ini juga termasuk budaya islam kejawen yang sudah menjadi gaya hidup dan menjadi tradisi turun-temurun. Yang sebenarnya diajaran islam juga tidak ada namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat jawa.
ü  Budaya mengirim ucapan lebaran lewat SMS. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi pada masa kini menimbulkan budaya baru ketika lebaran tiba. Dalam memberi ucapan lebran orang tidak lagi harus ketemu langsung namun ucapan tersebut dapat diwakilkan melalui pesan singkat atau SMS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment