Powered by Blogger.
RSS

Contoh-contoh Anggapan Umum



1.      Gunungan pada acara grebeg dianggap membawa berkah
Bagi warga Jogja dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan acara grebek mulud. Acara yang dilaksanakan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Pada acara ini terdapat sebuah gunungan yang sering diperebutkan warga. Orang-orang beranggapan gunungan itu dapat membawa berkah. Banyak orang memanfaatkan hasil dari gunungan itu untuk sesaji dan sebagainya.

2.      Melewati diantara dua pohon beringin di Alun-Alun Kidul keinginannya terkabul
Kalau kita jalan-jalan diAlun-alun Selatan kita akan menemukan banyak orng-orang mencoba melewati diantara pohon beringin yang sering disebut dengan masangin. Orang-orang beranggapan bagi yang dapat melewatinya keinginannya akan terkabul.

3.      Memeluk Tugu Jogja bisa cepat lulus
Anggapan umum ini telah berkembang di kalangan mahasiswa sejak dahulu kala. Tugu Jogja ini tepat berada ditengah-tengah perempatan jalan besar, salah satunya Jalan Mangkubumi yang menuju ke Jalan Malioboro. Biasanya pada malam hari banyak gerombolan anak muda yang berfoto-foto riang di depan ataupun samping Tugu Jogja yang pada awalnya bernama Golog Giling ini. Kamu pengen cepet lulus kuliah? Cepetan peluk Tugu! Jangan lupa foto-foto disana buat diupload di Facebook kamu *narsis mah kudu!*


4.      Suara derap kaki kuda di malam hari
Nah, kalau kamu pas tengah malam tiba-tiba merasa mendengar suara andong lengkap dengan suara langkah derap kaki kuda melewati depan rumah atau kamar kamu, itu artinya kamu bakal betaaaaaaah sekali tinggal di Jogja. Anggapan umumnya itu adalah suara andong milik Kanjeng Ratu Kidul yang memberi pangestu kepada kita untuk tinggal di Jogja dengan damai.

5.      Minum air selokan Mataram
Kalau kamu tinggal di utara dan timur Jogja pasti sudah tidak asing sama yang namanya selokan Mataram. Selokan yang melewati tempat hunian anak-anak kos di daerah Pogung sampai di daerah Babarsari yang menggurita akan kampus-kampus. Anggapa umum yang berkembang ini kalau kamu minum air selokan ini katanya setelah kamu meninggalkan kota Jogja, suatu hari nanti pasti akan kembali dan terus kembali ke Jogja. Bisa jadi karena dapat jodoh cowok atau cewek asli Jogja, mungkin lho.... Tapi menarik juga nih! *tuing tuing*

6.      Suara korps drum band di waktu subuh
Dulu zaman saya SMP, entah kenapa sering denger suara musik drum band di waktu subuh, sempet bingung juga suara-suara itu berasal darimana? Sampai suatu hari tetangga cerita kalau mendengar suara musik itu artinya saya mendengar korps drum band dari kerajaan Merapi yang sedang apel pagi. Gak ada artinya apa-apa sih, tapi memang gak semua orang bisa dengerin suara musik drum band yang berirama flat itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment