Metode penelitian apa yang paling up to date? Dapat dilihat dari fenomena
kasus yang akan diteliti. Trend penelitian komunikasi saat ini kualitatif. Beberapa
diantaranya, analisis isi. Saat ini mahasiswa mulai tertarik pada analisis
teks. Kajian tentang representasi negara, perempuan tidak ada tantangan.
Kualitatif lebih cepat dan mudah, bahkan sering terjadi hanya menambah judul
dan subjek, dengan objek penelitian yang sama. Tapi, dengan cara demikian
kualitas penelitiannya menurun. Studi teks, analisis isi/framing, jika ditekuni
akan menghasilkan penelitian yang baik.
Fenomena media dapat dilihat dari perspektif apa? Media sebagai intitusi
atau sebagai industri?
Penelitian kuantitatif lebih terkontrol dan terukur,
karena instrumen dan unit analisisnya jelas.
Contoh :
Unit analisis :
Narasumber
Kategorisasasi :
Pemerintah, non pemerintah, akademisi.
Sementara penelitian kualitittif tidak terkontrol dan terukur karena sulit
membangun instrumen, unit analisis.
Disinilah pentingnya paradigma, karena dapat membantu menyusun unit
analisis dan kategorisasi. Suatu disertasi mengandung keluasan dan kedalaman,
kombinasi dari kuantitatif dan kualitatif. Atau, tringulasi, yaitu
menggabungkan beberapa metode untuk menjawab masalaha penelitian.
Content Analisis, terdiri dari :
1. Analisis isi (content analisis) : Kuantitatif.
2. Framing : Kualitatif
3. Analisis Wacana : Kualitatif
4. Semiotic : Kualitatif
Dalam penelitian analisis isi, 80% hasil coding peneliti cocok, sudah dapat
menguatkan penelitian.
Melatih Unit Analisis
Kategorisasi (dalam penelitian kuantitatif = kuisioner) : Variable
penjelas. Kategorisasi dapat muncul setelah kita mendalami penelitian.
Tentukan variabel kunci, contoh :
- Sumber
Berita.
Kategorinya : Pemerintah non
pemerintah.
- Jenis media,
contoh : Isu Korupsi dalam Media Cetak Lokal
Kategorinya : Format berita, sumber berita
- Kontentnya
Rumus Kontrol Uji Reabilitas?
2 (c1+c2)
80% = LANJUT.
C1 + C2
Tahapan Penelitian :
- Kumpulkan teks :
contoh lumpur Lapindo
- Tentukan
perspektif : lingkungan
- Tentukan unit
analisis dan kategorisasi
- CR = Coding
Realibility : Bisa masukkan ke FGD (beritahu background penelitian)
Setiap unit analisis ditentukan dahulu defenisi
operasionalnya. Kalau ada yang salah dalam coding C1 dan C2, mungkin defenisi
operasionalnya yang salah.
- Uji reability
pake FGD.
Key word (kata kunci) : Kata yang paling banyak dalam teks atau kata
sebagai “konsep”.
Memahami idiologi media melalui history teks atau perkembangan media.
Kekuasaan sosial disalah gunakan dan ketidakseimbangan yang ditampilkan dalam
sebuah teks, maka yang bicara adalah “konteks”.
0 comments:
Post a Comment