Powered by Blogger.
RSS

Definisi Kebudayaan



ü  Adler (1997, hlm 15) menurutnya kebudayaan adalah segala sesuatu yang dimiliki bersama oleh seluruh atau sebagian anggota kelompok sosial. Segala sesuatu yang coba dialihkan oleh anggota tertua dari sebuah kelompok kepada anggota yang muda. Segala sesuatu (dalam kasus ini misalnya moral, hukum dan adat istiadat) yang mempengaruhi perilaku atau membentuk struktur persepsi kita tentang dunia.
ü  Levo – Henriksson (1994), kebudayaan itu meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup apapun bentuknya baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.
ü  Roos (1986, hlm 155) melihat kebudayaan sebagai sistem gaya hidup dan ia merupakan faktor utama (common daminator) bagi pembentukan gaya hidup.
ü  Gudykunst dan Kim (1992) kebudayaan bisa berarti sistem pengetahuan yang dipertukaran oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar.
ü  Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya. Dengan demikian, kebudayaan merupakan serangkaian aturan-aturan, petunjuk-petunjuk, rencana-rencana, dan strategi-strategi yang terdiri atas serangkaian model-model kognitif yang dipunyai oleh manusia, dan digunakannya secara selektif dalam menghadapi lingkungannya sebagaimana terwujud dalam tingkah-laku dan tindakan-tindakannya. (Hlm. 2-18 alinea I)
ü  Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. (Hlm. 2-19 alinea III)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment