Powered by Blogger.
RSS

Public Relations Sebagai Pemimpin


Kepemimpinan merupakan proses sosial, berhubungan dengan mempengaruhi kegiatan dan sikap dalam kinerja dari individu ataupun kelompok, yang akhirnya mempu mecapai tujuan yang sesuai dengan tuntutan, kebutuhan, kerugian publik yang ada pada saat itu.

Dasar dan efek kepemimpinan ditentukan (Herimanto,etc :2007)
  1. sifat sifat, sikap dan perilaku yang memimpin atau pipmpinan yang sah
  2. sifat-sifat , harapan-harapan atau sikap perilak dari yang dipimpin
  3. gejala adanya problem dari situasi keadaan tertentu yang menginginkan pada tugas yang tersruktur atau relativ dari tugas yang terstruktur dari perkembangan organisasi, seperti misalnya, fase penyelesaian, fase pembeharuan, dan krisis periode

Keluwesan , flesibel perlu dalam kepemimpinan karena manusia itu berbeda-beda, unik dan harus diperlakuakan secara berbeda pula. Keluwesan merupakan salah satu penopang bagi hubungan dengan orang-orang yang dipimpin. Keluwesan bercirikan adanya keterbukaan, ketulusan, kejujuran dan bebas dari ketegangan serta ketakutan. bila menunjukkan kegairahan untuk tugas, lembaga beremnagat dalam usahanya. Kepemimpinan yang lazim di setiap negara, perlu terbuka, dirangkai oleh norma-norma , harapan, kebutuhan, sejarah, persenyawaan budaya para pegawai dan kondisi ekonomi.

Kepemimpinan merupakan keseluruhan dari sifat-sifat kepribadian orang, antara lain , intelektual yang dimiliki, adanya keberanian untuk menghadapi hal yang baru, kompleks, berani memulai, pengambil keputusan, kemampuan untuk bertahan, vitalitas, kekuatan hidup, keramahan dan seterusnya. Hal tersebut memberikan kemudahan untuk pembaharuan, penting dan diperlukan dalam kepemimpinan.

Demikian pula Public Relations sebagai pemimpin yang mampu menangani segala masalah yang dihadapi oleh organisasi , karena PR mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam organisasi maupun luar organisasi. Dalam menyelesaikan permasalahan inipun berisfat humanis, karena dasar dari pendekatannya lebih menghargai dan memperhatikan pada masalah kemanusiaan.

Dalam kaitan inai, komunikasi dalam PR merupakan titik sentral setiap proses komunikasi. Hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap, dan tingkah laku yang terjadi dalam orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tertentu. Komunikasi tersebut terutama untuk memberi motivasi kerja pada orang-orang yang terlibat , dengan demikian mereka akan muncul rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga organisasi mencapai oroduktivitas yang tinggi.

Dalam berkomunikasi, sikap yang baik dan etis kepada sesama teman dan terhadapa setiap orang akan meninkatkan dan memperlancar kerjasama. Disamping itu mereka akan bisa saling menerima dan saling percaya - mempercayai. Keterbukaan orang-orang di dalam organisasi sangat penting dan budaya disiplin menjadi unsur yang tidak kalah penting dalam organisasi. Komunikasi timbal balik memiliki peranan yang sangat penting di dalam pergaulan manusia pada khususnya dan didalam organisasi pada umumnya, sedangkan komunikasi interpersonal akan sangat menentukan kberhasilan komunikasi timbal balik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment