BAB I
PENDAHULUAN
Dalam
dunia bisnis komunikasi merupakan faktor yang sangat penting. Seorang pemimpin
harus berkomunikasi dengan bawahan, pelanggan atau customer atau pihak manapun
yang berhubungan dengan lembaganya seperti pemerintah dan dinas pajak.
Kemampuan berkomunikasi jelas merupakan suatu hal mendasar yang harus dipunyai
oleh pelaku bisnis.
Pengertian sederhana dari komunikasi
bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai
macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal dan nonverbal (Djoko Purwanto
:1997).
Sebagai seorang komunikator (sumber
informasi) harus menguasai komunikasi secara efektif terutama memiliki
kemampuan untuk menyampaikan dan menerima suatu pesan. Mereka harus tahu
bagimana menempatkan kata yang membentuk suatu arti, bagaimana mengubah suatu
situasi menjadi lebih menarik dan menggairahkan, bagaimana mengajak komunikan
(lawan proses komunikasi/bicara) untuk ikut serta secara aktif, bagaimana
menyelipkan humor yang mampu menghidupkan suasana, bagaimana menyiapkan ruangan
yang mampu menghidupkan pembicaraan yang hangat, apakah pesan yang disampaikan
secara oral atau written. Disinilah kemampuan berkomunikasi baik secara verbal dan
nonverbal patut diketahui.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah
Perusahaan
Warung Kopi Blandongan
didirikan oleh dua orang yang bernama Nashruddin dan Anjang. Mereka berdua
berasal dari daerah Gresik Jawa Timur. Nashruddin saat itu merupakan mahasiswa
IAIN Sunan Kalijaga, sedang anjang adalah anak kampung yang merantau dan
mencari kerja untuk menyambung dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Warung Kopi
Blandongan beralamat di Jalan Sorowajan Baru No.11, RT 15, RW 16, desa
Sorowajan Lama, kec. Banguntapan, kab. Bantul. Yogyakarta.
Tiga
kali warung kopi Blandongan berpindah tempat. Pertama berdiri pada tanggal 17
Mei 2000 di Jalan Manggis No.52 kampung Gaten desa Dabag Kec. Condong Catur
kab. Sleman Yogyakarta. Sepuluh bulan kemudian Warung Blandongan berpindah tempat
tidak jauh dari yang pertama masih dalam satu kampung. Namun berpindah pada
tempat yang lebih strategis dan mudah dijangkau dan mudah dikenal. Sampai pada
26 januari 2005 blandongan berpindah tempat dengan kontrak tanah seluas 600 M2.
di Jalan Sorowajan Baru No.11, desa Sorowajan Lama, kec. Banguntapan Bantul
Yogyakarta. Saat ini Warung Blandingan memiliki dua cabang, yaitu Semesta di
Jl. Abu Bakar Ali no.2, Kotabaru, dan
Satu Blandongan di Jl.Seturan Raya 999, Kledokan, Depok, Sleman.
Visi Blandongan
Menjadi Perusahaan yang mandiri, bertanggung jawab
dan bermartabat yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan barang atau jasa.
Misi Blandongan
1. Melakukan
kegiatan organisasi di mana menejer menggerakkan faktor-faktor produksi lain
(material, modal, dan tenaga kerja) secara optimal dan berusaha menyediakan barang
atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan tujuannya untuk mencari
keuntungan.
2. Melakukan
tindakan kemandirian untuk melaksanakan dan menyelesaikan (hak, kewajiban,
tugas, tanggung jawab dan wewenang) pada posisi atau fungsi jabatan
masing-masing.
3. Mempertanggungjawabkan
hasil usahanya kepada para pihak (investor, pemilik, karyawan, pelanggan atau konsumen,
masyarakat, pemerintah dan lingkungan).
4. Membangun
budaya berorganisasi yang jujur, cerdas, terbuka, bertanggung jawab, dan dapat
dipercaya. Dalam menciptakan brand image perusahaan di mata para pihak.
B. Pola
Komunikasi Internal
Meskipun
semua organisasi harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk
mencapai tujuannya, pendekatan yang dipakai antara satu organisasi dengan
organisasi yang lain bervariasi atau berbeda-beda. Untuk organisasi berskala
kecil mungkin pengaturannya tidak terlalu sulit sedangkan untuk perusahaan
besar yang memiliki ribuan karyawan maka penyampaian informasi kepada mereka
merupakan pekerjaan yang cukup rumit. Untuk itu, menentukan suatu pola
komunikasi yang tepat dalam suatu organisasi merupakan suatu keharusan. Secara
umum pola komunikasi dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal dan
informal.
Demikian
pula komunikasi yang terjadi di Blandongan ada dua macam yaitu komunikasi
formal dan informal. Komuniasi formal dilakukan antara pengurus pusat dan
pengurus cabang, yang dilakukan ketika rapat bulanan, dan rapat mingguan. Rapat
bulanan biasanya dilakukan satu bulan sekali dengan tujuan mengevaluasi hasil
kerja setiap bulannya, sedangkan rapat mingguan dilakukan setiap hari jumat. Sedangkan
untuk komunikasi informal dilakukan dalam kegiatan sehari-hari kecuali pada
saat rapat berlangsung.
C. Networking
Networking merupakan
jaringan kerjasama suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang membantu kesuksesan
suatu perusahaan. Di sini blandongan bekerjasama dengan:
1. Suplayer
makanan ringan.
2. Suplayer
sembako.
3. Masyarakat
sekitar.
a) Tahap-tahap
Pengembangan Networking
ü Memasukkan
proposal-proposal ke perusahaan.
ü Menjadi
seponsor event-event.
ü Mengadakan
event-event tertentu, antara lain: event olahraga, nonton bareng piala dunia,
konser music.
ü Memperbaiki
system pelayanan dan cara kerja mengikuti perkembangan pasar.
ü Menciptakan
inovasi-inovasi baru.
b) Hasil
dan Manfaat
Semakin luasnya
networking bermanfaat untuk:
ü Mengembangkan
usaha.
ü Menambah
kepercayaan konsumen.
ü Menambah
relasi bisnis.
ü Menambah
pelanggan.
c) Strategi
dan Kunci Sukses
ü Penyebaran
pampflet yang diberikan kepada orang yang tepat.
ü Mengiklankan
produknya melalui radio, surat kabar dan website.
ü Memberikan
pelayanan sebaik-baiknya kepada jaringan relasi.
BAB III
KESIMPULAN
Untuk mendapatkan kesuksesan di jaman
sekarang ini salah satu ketrampilan yang harus dimiliki seorang pebisnis atau
eksekutif perusahaan adalah membangun Jaringan Bisnis atau networking. Membangun Jaringan Networking bukan lagi sekedar ketrampilan tetapi sekarang menjadi
“necessary to have” (harus dimiliki). Jaringan Bisnis Networking bukan hanya dilakukan dengan pihak eksternal organisasi
tetapi juga dengan internal organisasi.
Pada dasarnya Membangun Jaringan Bisnis networking adalah usaha
membangun hubungan dengan orang lain, bisa dalam bentuk interaksi atau
pertukaran informasi. Setiap orang harus punya gaya sendiri dan pendekatan Jaringan networking
yang khas, manjur dan sesuai dengan kepribadiannya.
1 comments:
menarik artikelnya, terima kasih. bisa juga mampir ke web mengenai pinjaman kta jika berkenan terima kasih
Post a Comment