Powered by Blogger.
RSS

Fungsi dan Tugas Public Relations


Fungsi Utama Public Relations adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antaralembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengrtian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptaka iklim pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga organisasi (Nova , 2011) .

Aktivitas Public Relations adalah menyelenggaraka komunikasi timbal balik (twi ways traffic comunications) antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungann bagi tercapainya suatu tujuan tertentu , kebijakan , kegiatan produksi , demi kemajuan lembagau atau citra positif lembaga bersangkutan. Kegiatan Public relations sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Dalam hal ini , tugas public relations berkaitan dengan kode etik Asosiasi Public Relations Internasional yang menegaskan , bahwa setiap public relations tidak dibenarkan untuk mengangkat suatu konflik yang terjadi atau hal yang sengaja dipaparkan kepada publik tanpa seizin dari bersangkutan atau yang berkepentingan. Sebaliknya , pihak public relations tidak dibenarkan dengan sengaja menutupi masalah atau kirisi yang sedang terjadi di lembaga yang bersangkutan dengan cara mengelabui publik.

Jika menghadapi situasi yang genting (crucial) seperti timbul masalah , konflik, pertikaian hingga terjadi situasi krisis, maka seorang public relations wajib untuk menjelaskan secara jujur dan terbuka . Hal tersebut dikarenakan di satu pihak public relations juga mempunya tanggung jawab sosial. Dalam menjalankan perannya , harus berdasarkan kejjuran dan etika yang dipegang teguh.

Hal senada juga diungkapkan dalam penelitian yang diadakan oleh International Public Realations Associations (IPRA) pada 1981 yang mengemukakan, bahwa umumnya fungsi public relations masa kini meliputi 15 pokok berikut ;
  1. memberikan konseling yang didasari pemahaman masalah perilaku manusia
  2. membuat analisi "trend" masa depan dan ramalan akan akibat - akibatnya bagi institusi
  3. melakukan riset pendapat , sikap dan harapan masyarakatnterhadap institusi dan memberi saran tindakan - tindakan yang diperlukan 
  4. menciptakan dan membina komunikasi dua arah berlandaskan kebenaran informasi yang utuh
  5. mencegah konflik dan salah pengertian
  6. meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial 
  7. melakukan penyerasian kepantingan institusi terhadap kepentingan umum
  8. meningkatkan iktikad baik institusi terhadap anggota , pemasok dan konsumen
  9. memperbaiki hubngan indritrisional
  10. menarik tenaga kerja yang baik agar menjadi anggota dan mengurangi keinginan anggota untuk ke luar dari institusi
  11. memasyarakatkan produk atau layanan
  12. mengusahakan perolehan laba yang maksimal
  13. menciptakan jati diri institusi
  14. memupuk minat mengenai masalah- masalah nasional maupun internasional
  15. meningkatkan pengertian menganai demokrasi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment