Powered by Blogger.
RSS

METODE PENELITIAN SOSIAL


METODE PENELITIAN SOSIAL
A. Pengertian
Penelitian adalah terjemahan dari bahasa Inggris, ‘Research’. Sebagian ahli menerjemahkan kata research dengan kata riset.‘Re’, yang berartikembali’ dan research adalah mencari. Jadi arti sesunguhnya dari research adalah ‘mencari kembali.’ Research itu sendiri berasal dari kata
Dalam buku Pengantar Penelitian Pekerjaan Sosial disebutkan bahwaPenelitian adalah suatu cara untuk menyelesaikan suatu masalah guna menekan batas-batas ketidak tahuan manusia. Dengan kata lain penelitian adalah suatu pemikiran untuk melakukan kegiatan meneliti, mengumpulkan serta memproses fakta-fakta yang ada, sehingga kumpulan fakta-fakta tersebut dapat dikombinasikan oleh peneliti.
Menurut kamus Webster’s New International, penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinisp-prinsip; suatu penyelidikan yang mata cerdik untuk menetapkan sesuatu.
Menurut Ilmuwan Hillway (1956), penelitian tidak lain dari suatu study yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang mata cerdik untuk menetapkan sesuatu.
Whitney (1960) Penelitian disamping untuk memperoleh kebenaran, kerja menyelidik harus pula dilakukan seseorang melalui penyelidikan secara sungguh-sungguh dalam waktu yang lama. Whitneymengutip pengertian penelitian dari bebrepa ahli sebagai berikut :
a)      Penelitian adalah pencarian terhadap seseuatu (inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dulakukan terhadap masalah yang dapat dipecahkan (Parson, 1946)
b)      Penelitian adalah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antar fakta dan menghasilkan dalail atau hokum (John, 1949)
c)      Penelitiana dalah transpormasi yang terkendalikan atau terarah dari suatu situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang ada padanya dan hubungannya, seperti mengubah unsure dari situasi orisinal menjadi keseluruhan yang terpadu. (Dewey, 1936)
Demikianlah pengertian penelitian yang dikemukakan oleh para ahli disamping masih banyak lagi pengertian dari para pakar dan ahli mengenai research, riset atau penelitian.
B. Pengertian Konsep, Konstruk, Variabel, Proposisi dan Teori
Konsep adalah suatu kata atau lebih yang menggambarkan suatu gejala atau suatu ide (gagasan) tertentu. Baley menyebutnya sebagai mental image atau persepsi, contoh : buku.
Konstruk adalah konsep yang mempunyai tingkat abstraksi tinggi karena kita tidak dapat secara langsung apa yang digambarkan konsep itu.
Variabel adalah konsep yang mempunyai dua nilai atau lebih pada suatu kontinum. Contoh : angka; usia, kepadatan penduduk. Kata-kata; jenis kelamin.
Proposisi adalah pernyataan tentang suatu konsep atau lebih.
Hipotesa adalah proposisi yang masih bersifat sementara dan masih ahrus di uji kebenarannya.
Teori adalah proposisi yang memberikan penjelasan atas gejala. Teori merupakan penjelasan atau rumusan yang pada umumnya benar.
Fakta adalah penjelasan yang secara empirik benar. Fakta adalah sesuatu yang sesuai kenyataan. Data adalah hasil penelitian atau pengamatan yang menjadi dasr untuk menarik kesimpulan lebih lanjut.
Asumsi adalah serangkaian pernyataan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih. Misal makin besar A, makin besar B.
C. Tahap-tahap Penelitian
Adapun tahap-tahap penelitian yang dirumuskan dalam buku Pengantar Penelitian Pekerjaan Sosial terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan sebagai berikut :
  1. Perumusan Isu Penelitian
Dalam hal ini penyusunan teori mendapat perhatian cukup besar dalam penelitian sosial. Karena disini orang menyusun, merumuskan apa-apa yang akan menjadi bahan penelitian. Seprti contoh yang dikemukakan Emile Durkheim yang mencoba meneliti sebab-sebab orang bunuh diri dalam suatu masyarakat.
  1. Perumusan Masalah Penelitian
Merumuskan masalah dari beberapa masalah yang ada. Misla merumuskan suatu masalah penelitian dalam suatu bidang yang luas, dapat dilakukan dengan mempersempit cakupan penelitiannya sehingga dapat dilaksanakan.
  1. Pemilihan Bentuk Studi yang Tepat
Pemilihan suatu tipe atau bentuk studi tertentu erat hubungannya dengan hakikat masalah penelitian, sumber data yang bias dicapai serta taraf pemahaman tentang penelitian.
  1. Penarkan Simple Responden
Secara ideal, peneliti dapat memeriksa setiapunsur yang menarik perhatiannya. Namun jarang sekali peneliti dapat meneliti setiap unsure darikeseluruhan populasi karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga.
  1. Pengukuran Data
Bila pertanyaan-pertanyaan dan proposisi penelitian telah dirimuskan, maslah penelitian telah dipersmpit kedalam ukuran yang dapat dilaksanakan, metode penelitian yang tepat ditentukan dan sample ditentukan. Peneliti perlu menyusun cara-cara untuk mengkaji proposisi tersebut.
  1. Pengumpulan Data
Suatu cara untuk memperoleh data dan informasi. Dapun cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan data adalah dengan cara; observasi, mempelajari dokumen dan wawancara baik lisan maupun tulisan.
  1. Analisa Data
Sebagai langkah awal untuk menganalisa data diperlikan analisa statistika yang merupakan aspek penting dari poenelitian sosial.
  1. Interpretasi dan Penyusunan Laporan
Yaitu suatu bentuk laporan dari hasil penelitian dengan berdasarkan kaidah-kaidah tertentu.
  1. Mengintegrasikan Hasil Penelitian ke dalam Teori dan Kebijakan
Laporan ini sebagai bentuk yang disajikan untuk mempengaruhi para pembuat kebijakan dengan memperhatikan serta mempertimbangkan hasil penelitian dari awal sampai akhir.
Sedangkan Dr. Kartini Kartono dalam bukunya yang berjudul Pengantar Metodologi Riset Sosial merumuskan beberapa tahap atau langkah penelitian sebagai berikut :
1. Menentukan proyek, memformulasikan masalah, memilih judul dan menentukan topik.
Yaitu suatu langkah untuk menentikan proyek, memformulasikan masalah, memilih judul dan topik. Setiap objek atau permaslahan penelitian itu memberikanisi dan pengarahan dalam proses pelaksanaan penelitian. Bagi banyak orang, memulai kegiatan dengan langkah menentukan dan membatasi suatu masalah itu merupakan fase yang paling sulit.
2. Mengumpulkan data dan informasi.
Riset adalah aktivitas ilmiah yang sistematis, terarah dan bertujuan. Jadi bukan hanya mengumpulkan data secara kebetulan saja; akan tetapi upaya menghimpun dengan terencana dan siematis data informasi yang relevan.
3. Menentukan tujuan operasional dan substansial.
Tujuan operasional adalah tujuan berupa suatu objek yang langsung akan digarap oleh peneliti; terhadap objek tersebut orang langsung akan melakukan usaha-usaha operatif. Sedangkan tujuan substansial adalah tujuan penggunaan dari hasil penelitian bagi suatu keperluan/kegiatan tertentu.
4. Perumusan hipotesa. Hipotesa mayor, minor dan nihil.
Hipotesa adalah stelling, patokan, pendirian, dalil dianggap benar, juga berarti ‘ondestelling’, persangkaan, dugaan yang dianggap benar untuk sementara waktu dan perlu dibuktikan kebenarannya.
5. Pengolahan data, menganalisa elemen dan mengintrepretasikan data.
Mengolah data berarti menimbang, menyaring, dan mengklasifiukasikan. Menimbang dan menyaring data itu berartibenar-benar memilih secara hati-hati data yang relevan tepat, dan berkaitan dengan masalah yang diteliti.
6. Merumuskan konklusi, mengemukakan  hasil dan rekomendasi.
Produk terakhir dari riset ialah suatu generasisasi atau satu seri generalisasi sebagai kusien dari hasil analisa data yang seksama.
7. Penulisan dan penyusunan laporan dari penelitian sosial.
Dalam implikasi dikemukakan kosekuensi-konsekuensi dari hasil penelitian, dan diberikan rekomendasi untuk aktivitas-aktivits diagnostik dan terapeutis, reformasi sosial atau perbaikan-perbaikan sosial.
Demikian langkah-langkah atau tahap-tahap penelitian yang dikemukakan Dr. Kartini Kartono.
D. Jenis-jenis Penelitian
Penggolongan jenis-jenis penelitian itu sangat bergantung pada peristiwa dari mana seseorang hendak meninjau persoalannya. Namun pada umumnya penelitian dapat digolongkan pada beberapa jenis sebagai berikut :
1.      Ditinjau dari segi etalasenya penelitian dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu penelitian dasar (basic reserch) dan penelitian terapan (applied research).
2.      Menurut bidangnya penelitian digolongkan kedalam beberapa kelompok sebagai berikut; Penelitian pendidikan, sejarah, ekonomi, politik, bahasa, teknik, militer, hukum, pertanian, peternakan, kehutanan dan lain-lain.
3.      Penggolongan menurut tempat dilaksanakan penelitian adalah; penelitian labolatorium, penelitian lapangan atau field research dan penelitian perpustakaan (library research).
Sistematika penggolongan yang dituliskan di atas tidak selalu diikuti oleh semua orang, sehingga mungkin ada beberapa jenis penggolonganatau penelitian lainnya yang belum disebutkan.. Sebab, jika ada orang yang bertolak dari sudut pandang yang berbeda , maka ia akan mengadakan jenis-jenis atau bentuk yang berbeda pula. Penggolongan atau jenis-jenis penelitian ini merupakan jenis yang sudah umun disamping masih banyak lagi yang lainnya.
Sumber :
Iskandar, Jusman dan Carolina Nitimihardjo. 1990. Pengantar Penelitian Pekerjaan Sosial. Badung. Koperasi Mahasiswa Bersama An-Naba DKM Al-Ihsan STKS Bandung.
Kartono, Kartini Dr. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung. Penerbit Maju.
Natsir, Moh. Ph.D. 1999. Metode Penelitian. Bandung. Ghalia Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

13 comments:

Zübeyde3 said...

https://bayanlarsitesi.com/
Tokat
Kastamonu
Tekirdağ
Gümüşhane
N64

Refet62 said...

sakarya
kars
gümüşhane
elazığ
manisa
571G0

BinaryExplorer666 said...

sinop
sakarya
gümüşhane
amasya
kilis
7O3N

ElectricByteGlider666 said...

elazığ
van
mardin
sakarya
düzce
H7ZTAİ

A14ACJamiyaF1157 said...

969C4
Gümüşhane Evden Eve Nakliyat
Kocaeli Evden Eve Nakliyat
Erzincan Evden Eve Nakliyat
Afyon Evden Eve Nakliyat
Kırıkkale Evden Eve Nakliyat

58AEEJennifer2B903 said...

4065F
Bursa Evden Eve Nakliyat
Silivri Duşa Kabin Tamiri
Bolu Evden Eve Nakliyat
Silivri Çatı Ustası
Sinop Evden Eve Nakliyat

C2ECEEanA9B06 said...

3F443
Hatay Evden Eve Nakliyat
Kütahya Parça Eşya Taşıma
Tekirdağ Lojistik
Kilis Parça Eşya Taşıma
Aksaray Parça Eşya Taşıma
Tekirdağ Şehir İçi Nakliyat
Denizli Şehir İçi Nakliyat
Manisa Şehirler Arası Nakliyat
Ünye Kurtarıcı

E31C9ChristinaB68DD said...

F1B4E
Tesla Coin Hangi Borsada
Giresun Lojistik
Rize Şehir İçi Nakliyat
Yozgat Lojistik
İzmir Şehir İçi Nakliyat
Ordu Lojistik
Keep Coin Hangi Borsada
Çankaya Boya Ustası
Isparta Evden Eve Nakliyat

FD820Edgar578F5 said...

F7272
order parabolan
primobolan for sale
anapolon oxymetholone
Çankırı Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Evden Eve Nakliyat
buy parabolan
Tekirdağ Boya Ustası
Giresun Evden Eve Nakliyat
Silivri Duşa Kabin Tamiri

9381AJairB5E9D said...

E8237
eskişehir ücretsiz sohbet uygulamaları
yozgat sohbet sitesi
ücretsiz sohbet
ısparta mobil sohbet odaları
kırklareli görüntülü sohbet ücretsiz
görüntülü sohbet uygulamaları ücretsiz
en iyi ücretsiz sohbet uygulamaları
ağrı ücretsiz sohbet uygulamaları
hatay mobil sohbet odaları

D1105Simeon7B6FD said...

9F5EB
trabzon görüntülü sohbet siteleri
bartın tamamen ücretsiz sohbet siteleri
diyarbakır kadınlarla rastgele sohbet
sohbet siteleri
bursa görüntülü canlı sohbet
Adana Parasız Sohbet
mobil sohbet sitesi
artvin canli sohbet
görüntülü sohbet siteleri ücretsiz

51B8AMakayla1A38E said...

66C37
Nonolive Takipçi Hilesi
Bonk Coin Hangi Borsada
Trovo Takipçi Hilesi
Okex Borsası Güvenilir mi
Bitcoin Kazanma
Okex Borsası Güvenilir mi
Meta Coin Hangi Borsada
Big Wolf Coin Hangi Borsada
Tiktok Beğeni Hilesi

BB9D0WillowF39B6 said...

C4828
Bitcoin Kazanma
Kripto Para Nasıl Çıkarılır
Spotify Dinlenme Satın Al
Sohbet
Kripto Para Kazanma
Pinterest Takipçi Satın Al
Lovely Coin Hangi Borsada
Bitcoin Nasıl Üretilir
Mexc Borsası Güvenilir mi

Post a Comment